Jumat, 04 November 2011

Tanjungpura Lumbung TKI Ke Malaysia

 

 Warga Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, mendominasi pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Malaysia, khusunya untuk tenaga kerja elektronik, pekerja restoran, dan pekerjaan perkebunan.
“Pekerja yang berangkat ke Malaysia didominasi warga Tanjungpura, yang berasal dari Kabupaten Langkat,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Langkat Erwin Adrianto di Stabat, Senin 31 Oktober 2011.
Selain Kecamatan Tanjungpura, baru Kecamatan Sei Bingei, Kecamatan Sei Lepan, Kecamatan Babalan, dan Kecamatan Besitang, katanya.
Untuk tahun 2010, Kabupaten Langkat mengirim sebanyak 1.184 TKI, yang terdiri atas laki-laki 112 orang dan perempuan 1.072 orang.

Sedangkan untuk tahun 2011, terjadi penurunan hanya sekitar 564 orang saja, hingga akhir Oktober 2011, yaitu laki-laki 59 orang dan perempuan 505 orang, kata Erwin Adrianto.
Megenai besaran TKI di Malaysia bisa mengirim uang kepada keluarganya di Langkat ini, ia mengatakan, perorang diperkirakan bisa mengirim sekitar Rp1 juta per bulan.
Menyangkut warga Langkat yang ke Malaysia secara ilegal, ia mengatakan hingga sekarang pihaknya belum dapat melakukan pemantauan.


“Mereka rata-rata berangkat perseorangan, jadi tidak terpantau oleh Disnakertrans Langkat,” kata Erwin Adrianto.
Namun diprediksi dari Langkat bisa mencapai 100 orang per tahunnya, bisa juga lebih, namun data pasti belum diperolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar