Minggu, 03 Mei 2015

PTPN IV RAIH PREDIKAT SANGAT BAIK GCG TAHUN 2014


 
Penilaian/assessment yaitu program untuk mengidentifikasi pelaksanaan GCG di BUMN melalui pengukuran pelaksanaan dan penerapan GCG di BUMN yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 (dua) tahun
Evaluasi (review) yaitu program untuk mendeskripsikan tindak lanjut pelaksanaan dan penerapan GCG di BUMN yang dilakukan pada tahun berikutnya setelah penilaian / assessment yang meliputi evaluasi terhadap hasil penilaian dan tindak lanjut atas rekomendasi perbaikan. Evaluasi (review) lebih dikenal dengan istilah self assessment.
Dasar dilakukan penilaian dan evaluasi GCG sesuai dengan PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good corporate Governance) pada BUMN. Dalam melaksanakan peraturan tersebut perlu ditetapkan Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola perusahaan yang baik sesuai dengan SK-16/S.MBU/2012.
Pengukuran terhadap penerapan GCG pada tahun 2013 dilaksanakan dalam bentuk penilaian /assessment yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Propinsi SUMUT dengan capaian nilai 93.11 (predikat sangat baik). Pengukuran terhadap penerapan GCG menggunakan metodologi yang terdiri dari 6 Aspek, 43 Indikator dan 153 parameter.
Sesuai dengan informasi dan pemaparan dari BPKP Perwakilan propinsi SUMUT pada saat open meeting pendampingan pelaksanaan evaluasi/review GCG tahun 2014 yang dilakukan secara self assessment, capaian nilai GCG tahun 2013 sebesar 93,11 merupakan capaian terbaik pada tahun 2013 dengan peringkat terbaik (Rangking I) dibandingkan dengan 30 BUMN yang ada di Indonesia.
Evaluasi/ review penerapan GCG secara Self Assessment tahun 2014
Evaluasi/ review penerapan GCG secara Self Assessment tahun 2014 dilakukan secara tim yang ditetapkan dengan keputusan bersama antara Dewan Komisaris dan Direksi. selain itu evaluasi / review penerapan GCG secara self assessment juga didampingi oleh BPKP Perwakilan Propinsi Sumatera Utara sesuai dengan surat persetujuan dari PTPN III (Persero) selaku induk holding nomor : 3.12/X/51/2014 tanggal 10 Nopember 2014 dan surat dari BPKP Perwakilan Propinsi SUMUT nomor : S -175/PW/02/4/2015 tanggal 28 Januari 2015.
Nilai GCG tahun 2014 mencapai nilai 93.453 (predikat sangat baik). Dalam laporan pelaksanaan penilaian GCG tahun 2014 secara self assessment selain menyajikan kelemahan–kelemahan yang masih ada juga menyajikan rencana tindak lanjut untuk perbaikan dalam menghadapi evaluasi penilaian tahun berikutnya..
Capaian nilai penerapan GCG di PTPN IV terus meningkat dan diharapkan pengukuran penerapan GCG secara self assessment, perusahaan dapat mengetahui perkembangan penerapan prinsip prinsip GCG secara berkala dan berkesinambungan, sehingga diharapkan pencapaian skor GCG tahun berikutnya dapat meningkat (atau sesuai dengan stake holder aspiration nomor : S-441/MBU/WK/08/2014 tanggal 25 Agustus 2014) serta dapat mempertahankan peringkat terbaik dibandingkan BUMN lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar